OLAHRAGA UNTUK MEMBANTU ANDA MENURUNKAN BERATOlahraga teratur adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Ada berbagai jenis aktivitas yang dapat Anda lakukan, sehingga dapat membingungkan ketika memutuskan olahraga mana yang terbaik untuk menurunkan berat badan, bukan? Berikut adalah tips dan ulasan untuk setiap olahraga yang bisa Anda mainkan.

Ada Banyak Latihan Olahraga Penurunan Berat Badan Yang Bisa Anda Lakukan Secara Teratur

Memiliki berat tubuh yang sesuai merupakan keinginan semua orang. Diet yang dikombinasikan dengan olahraga dapat meningkatkan mood, memperkuat tulang, dan mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, ada berbagai jenis latihan penurunan berat badan yang dapat Anda lakukan secara teratur. Mari kita lihat masing-masing klaim olahraga tersebut di bawah ini.

1. Olahraga Berjalan

Berjalan sangat bagus untuk menurunkan berat badan dan sangat mudah dilakukan. Tamasya tidak memerlukan peralatan atau pakaian khusus. Anda juga dapat pergi hiking kapan saja, di mana saja. Anda dapat menetapkan tujuan untuk berjalan kaki 30 menit setiap hari. Studi menunjukkan bahwa jalan kaki panjang ini dapat membakar setidaknya 167 kalori tubuh. Jika sudah menjadi kebiasaan, Anda bisa memperpanjang waktu angkat beban untuk membakar lebih banyak kalori.

2. Olahraga  Lari/Jogging

Tidak hanya jalan kaki, jogging juga bisa menjadi olahraga pelangsingan tubuh yang bisa dilakukan secara rutin. Jogging dapat membakar antara 300 dan 370 kalori dalam 30 menit, tergantung pada intensitas dan kecepatan yang Anda capai. Seperti jalan kaki, jogging tidak memerlukan peralatan khusus, sepatu lari dan pakaian yang nyaman sudah cukup. Jika Anda tidak terbiasa berlari di luar, Anda juga bisa berjalan di atas treadmill.

Anda juga harus berlari secara teratur. Untuk memulai, cobalah jogging atau jogging selama 20-30 menit sehari. Jika Anda melakukannya secara teratur, waktu yang Anda habiskan untuk melakukannya pasti akan meningkat dan Anda juga akan terbiasa.

3. Olahraga  Lompat Tali

Meskipun latihan ini mungkin tampak sederhana, jangan pernah meragukan manfaat lompat tali dalam diet Anda. Pasalnya, lompat tali memiliki efisiensi pembakaran kalori yang hampir sama dengan jogging. Lompat tali intensitas rendah membakar sekitar 281 kalori dalam 30 menit. Namun jika Anda melakukan lompat tali dengan intensitas tinggi, latihan ini dapat membakar hingga 421 kalori dalam jumlah waktu yang sama.

Saat Anda pertama kali lompat tali, jangan mendorong terlalu keras. Anda dapat melakukannya selama 20-30 menit, tetapi lakukan selama 5 menit dan istirahat sampai Anda mencapai tujuan yang diinginkan.

4. Olahraga Bersepeda

Selain fungsinya sebagai alat transportasi, sepeda juga bisa dijadikan sebagai olahraga yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan. Bagi yang terlalu malas untuk keluar rumah, bisa menggunakan sepeda olahraga yang biasanya tersedia di gym. Bersepeda selama 30 menit di luar ruangan dapat membakar sekitar 280-360 kalori, sementara berolahraga dengan sepeda statis membakar sekitar 250-280 kalori untuk jumlah waktu yang sama.

Bersepeda tidak hanya membantu Anda menurunkan berat badan tetapi juga baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Bersepeda dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyebab kematian lainnya.

5. Olahraga Berenang

Berenang adalah alternatif yang menyenangkan untuk berolahraga untuk menurunkan berat badan. Sebuah artikel di Harvard Health menyatakan bahwa berenang 30 menit dapat membakar 298 kalori per gaya punggung, 372 kalori per payudara, dan 409 kalori per kupu-kupu.

Anda juga dapat mengambil manfaat dari berenang jika Anda mengalami cedera atau masalah sendi. Hal ini dikarenakan olahraga ini termasuk dalam kategori low trauma, sehingga tidak menimbulkan stress yang berlebihan pada tubuh.

OLAHRAGA UNTUK MEMBANTU ANDA MENURUNKAN BERAT

6. Olahraga Latihan interval

Pelatihan interval, atau lebih dikenal sebagai pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT), adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pelatihan kardiovaskular intensitas tinggi yang dirancang untuk membakar kalori dalam waktu singkat. Latihan HIIT biasanya berlangsung antara 10 dan 30 menit. Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research menemukan bahwa HIIT membakar 25-30% lebih banyak kalori daripada latihan beban, bersepeda, atau berlari. Latihan HIIT dapat membantu mengurangi lemak perut baik pada pria maupun wanita.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.