Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga jika Anda ingin menikmati sinar matahari dan menjalani hari yang lebih produktif. Olahraga pagi dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori. Sedangkan olahraga sore membuat konsumsi energi lebih efektif dan dapat meningkatkan kekuatan otot.

Beberapa orang mungkin berpikir waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari, sementara yang lain berpikir sore hari adalah yang terbaik. Bagi Anda yang baru memulai aktivitas fisik rutin, olahraga pagi dan sore memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut penjelasannya.

Manfaat Berolahraga

Kapan waktu yang baik untuk berolahraga?

Olahraga pagi dan sore sama-sama bagus, yang utama menyesuaikan waktu latihan dengan waktu yang dimiliki. Manfaat berolahraga juga akan lebih terasa bila anda lakukan secara konsisten. Jika Anda tidak terbiasa bangun pagi, olahraga sore bisa menjadi pilihan, sedangkan bagi Anda yang sibuk di sore hari, olahraga pagi bisa menjadi alternatif.

Sejauh ini, belum ada bukti ilmiah yang menjelaskan kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Namun, yang jelas olahraga di pagi, siang atau sore hari itu penting dan tidak sama sekali.

Untuk berolahraga secara teratur, pilih aktivitas fisik yang Anda sukai. Sementara itu, jika Anda senang bersosialisasi, Anda bisa berolahraga bersama keluarga dan teman atau bergabung dengan klub olahraga. Beberapa kegiatan olahraga yang dapat Anda lakukan setiap saat antara lain:

  • Jalan, lari, lari
  • Saya berenang
  • Sepeda
  • Menari dan aerobik
  • Naik ke atas
  • Yoga dan Pilates
  • Latihan beban dan kekuatan
  • Seni bela diri
  • kotak.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, Anda harus berolahraga minimal 3 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit per latihan. Tetapi Anda juga harus berhati-hati saat berolahraga di luar ruangan pada siang hari, karena Anda dapat terpapar radiasi UV tingkat tinggi. Juga, hindari berolahraga larut malam karena dapat membuat Anda sulit tidur. Coba lakukan ini beberapa jam sebelum tidur.

Ingatlah untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah berolahraga. Kedua proses tersebut membantu tubuh untuk mencegah cedera dan merasa lebih bugar setelah berolahraga. Anda juga harus minum banyak air di antara latihan untuk menghindari dehidrasi.

Pada prinsipnya, Anda dapat berlatih baik di sore hari maupun di malam hari, tergantung pada kemampuan Anda. Masing-masing istilah tersebut juga memiliki manfaat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Lihat Juga : 10 Cara Bermain Olahraga Bola Voli Dengan Mudah Di Pahami

Manfaat Berolahraga di Pagi Hari

Tidak sedikit orang yang lebih memilih berolahraga di pagi hari karena percaya bahwa olahraga di bawah sinar matahari pagi lebih baik karena memberikan vitamin D bagi tubuh. Selain itu, udara pagi dianggap lebih segar dan tidak tercemar. Di pagi hari, tubuh juga biasanya terasa lebih fit untuk memulai aktivitas, termasuk olahraga. Tidak hanya itu, berikut beberapa manfaat olahraga pagi yang bisa Anda dapatkan:

  • Beginilah cara Anda memulai hari dengan perasaan yang baik, karena udara masih segar dan otak dapat melepaskan endorfin dengan baik.
  • Tingkatkan kegiata fisik sepanjang hari untuk suasana hati yang lebih bahagia.
  • Meningkatkan metabolisme Anda, memungkinkan Anda untuk membakar lebih banyak kalori. Proses ini memainkan peran penting dalam penurunan berat badan yang sehat.
  • Anda juga harus berlatih dengan perut kosong di pagi hari, karena dikatakan dapat membakar lebih banyak lemak, bahkan hingga 20 persen.
  • Waktu sore atau malam yang tersedia untuk Anda tidak akan terganggu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berolahraga pada jam 7 pagi daripada di sore atau malam hari dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari.

Manfaat Berolahraga

Manfaat Berolahraga di Sore Hari

Jika Anda lebih suka berolahraga di sore hari atau hanya punya waktu, Anda tidak perlu khawatir. Pada dasarnya, berolahraga waktu sore hari ternyata juga memiliki banyak manfaat, seperti:

  • Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tubuh lebih produktif di sore hari. Suhu tubuh naik bahkan dalam kisaran tertinggi antara 2 dan 6 sore.
  • Dapat meningkatkan fungsi dan kekuatan otot, aktivitas enzim, dan daya tahan sehingga Anda siap untuk latihan sore.
  • Detak jantung dan tekanan darah juga terendah saat ini, mengurangi risiko cedera.
  • Pada saat yang sama, oksigen dapat diserap lebih cepat di malam hari daripada di pagi hari, sehingga konsumsi energi lebih efektif.
  • Sebuah penelitian juga menemukan bahwa angkat beban di malam hari dapat meningkatkan kualitas dan waktu tidur Anda. Namun, jangan berlebihan, karena ini dapat meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh Anda, yang dapat menyebabkan kesulitan tidur.
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.